Tips makanan sehat bagi kalian yang selalu sibuk


Tips makanan sehat bagi kalian yang selalu sibuk
Hai Sobat. Ketika kalian dikejar deadline, padatnya jadwal meeting, lembur sampai malam, harus mengurus rumah, dan kesibukan lainnya terkadang bikin orang-orang yang sibuk susah mengontrol asupan makanan. Biasanya, mereka hanya memilih makan yang cepat dan gampang diperoleh supaya tak menyita banyak waktu.
Padahal, asupan makanan sehat adalah hal yang penting untuk menunjang kesehatan manusia, mengendalikan berat badan, meningkatkan kinerja otak, dan menambah tenaga seharian. Berikut adalah tips dan pilhan makanan sehat yang gampang diperoleh untuk orang-orang sibuk.

1. Sarapan

Sarapan sangat penting untuk menyokong energi dan membantu mengendalikan gula darah. Hindari sarapan dengan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana dan gula. Menu makanan sehat waktu sarapan yang dianjurkan untuk disantap:
  • Makanan dengan karbohidrat kompleks yang tinggi misalnya oatmeal, nasi merah, sereal, buah, dan sayur.
  • Makanan yang mengandung serat yang tinggi misalnya sereal gandum dan chia seed.
  • Menu yang kaya akan protein misalnya kacang-kacangan, biji-bijian, susu almond, susu sapi rendah lemak, yoghurt, dan telur.
  • Makanan dengan lemak baik dari kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, dan kelapa. 

2. Jangan kebanyakan minum kopi

Kebanyakan minum kopi akan membebani organ hati Kalian, membuat Kalian dehidrasi (karena kopi adalah minuman yang bersifat diuretik alias meningkatkan kecepatan pembentukan urine), dan meningkatkan risiko gula darah yang tak stabil.
Hati adalah organ yang membersihkan racun tubuh Kalian, jadi apabila organ hati Kalian terbebani, maka kemungkinan Kalian terkena penyakit dan berat badan bertambah meningkat. Kurangi konsumsi kopi atau mungkin kalau bisa jangan mengonsumsi kopi. Konsumsilah teh-teh herbal yang bermanfaat bagi tubuh, misalnya:
  • Teh akar dandelion yang dapat membantu organ hati membersihkan racun tubuh
  • Teh ginseng untuk membantu meningkatkan energi
  • Teh oolong dapat membantu menurunkan berat badan
  • Teh hijau guna meningkatkan konsentrasi
  • Teh daun mint untuk mengurangi sakit perut

3. Banyak minum air putih

Jangan lupa untuk banyak minum. Minimal minumah 8 gelas air putih dalam sehari agar kadar energi Kalian tetap tinggi, pencernaan Kalian lancar, dan konsentrasi Kalian terjaga.
Ketika tubuh Kalian dehidrasi, terkadang tubuh Kalian malah akan memberikan sinyal yang yang keliru, yaitu sensasi lapar. Kalian dapat minum air putih 20 menit sebelum atau 60 menit sesudah makan.

4. Kurangi makan makanan kemasan

 Pada umumnya, makanan kemasan mengandung banyak gula, garam, penstabil, pengawet, perasa buatan, pewarna buatan, dan lain sebagainya. Bahan-bahan makanan tersebut kurang baik bagi kesehatan. Untuk lebih banyak mengasup makanan sehat, hindari makan makanan kemasan dan makanan siap saji.

5. Makan makanan yang segar

 Daging, ikan, kacang-kacangan, gandum, buah, dan sayur yang segar adalah makanan sehat yang baik untuk kesehatan. Jika Kalian ingin membawa snack, bawalah kacang-kacangan atau buah dan sayur yang dipotong kecil-kecil.

6. Perhatikan hasil proses makanan di restoran

 Waktu memesan makanan di restoran, perhatikan proses pembuatan makanan di buku menu, apakah makanan itu dikukus, direbus, dipanggang, atau dibakar. Cobalah untuk hindari makanan yang digoreng, makanan yang dimasak kering dengan panas yang tinggi atau ditambahi dengan minyak atau lemak, atau au gratin yang mana makanan Kalian ditaburi keju yang dipanaskan di atasnya.
Makanan-makanan dengan proses pengolahan seperti itu mengandung lemak dan kalori yang tinggi. Lebih baik Kalian memilih menu makanan sehat yang direbus atau dipanggang.

7. Kurangi konsumsi alkohol

 Untuk setiap gelas alkohol yang Kalian minum, seimbangkan dengan meminum segelas air putih. Alkohol membuat Kalian dehidrasi, membuat mabuk (keracunan alkohol), dan mengganggu pola tidur. Bagi para pria, jangan mengonsumsi lebih dari 2 gelas alkohol sehari. Sementara itu, untuk wanita batasan amannya yaitu tidak lebih dari segelas sehari.
Alternatif minuman lain seperti alkohol yang ringan, virgin Caesar, white wine spritzer, sparkling water, atau bahkan minum air putih dengan irisan buah lemon. Air lemon sangat baik untuk kesehatan. Misalnya meningkatkan energi, membantu pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu detoksifikasi, membantu menurunkan berat badan, dan membantu perawatan kulit.

8. Makan makanan sehat tinggi serat

 Daripada makan nasi putih, pilih nasi merah yang lebih kaya kandungan seratnya. Kalian juga dapat mengganti roti tawar putih yang biasa Kalian makan dengan roti gandum. Selain lebih tinggi serat, roti gandum dan nasi merah juga membuat Kalian kenyang lebih lama sehingga dapat beraktivitas seharian dengan lancar.

9. Bawalah snack sehat sendiri

Ke mana pun Kalian pergi, bawalah camilan sehat seperti buah yang dipotong kecil-kecil, jus, oatmeal, yogurt, sayur segar yang dipotong kecil-kecil, atau kacang-kacangan. Makanlah snack Kalian setiap 3 jam sekali untuk membantu gula darah Kalian tetap stabil dan mencegah Kalian makan berlebihan waktu jam makan.

10. Jangan makan berlebihan

 Makanlah secukupnya waktu jam makan, yaitu sekitar 80 persen kenyang dan jangan sampai lebih dari itu. Kalau Kalian masih merasa lapar 10 menit kemudian, barulah makan sedikit lagi.
Makan berlebihan bukan saja mengakibatkan bertambahnya berat badan, melainkan juga menghambat sistem pencernaan Kalian dan dapat mengakibatkan penyakit-penyakit yang lebih serius seperti diabetes. Ya, meskipun Kalian makan makanan sehat, porsinya tetap harus dikendalikan.

11. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

 Makan banyak buah dan sayur setiap harinya. Carilah buah dan sayur yang penuh warna, segar, dan jangan lupa dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan zat-zat kimia atau pestisida yang mungkin terdapat pada buah dan sayur tersebut.
Pilihlah sayur-sayuran hijau, seperti kangkung, bayam, atau brokoli. Sayur-sayuran hijau banyak mengandung vitamin serta mineral yang bermanfaat bagi kesehatan.

12. Makan secara teratur dan tepat waktu

 Laju metabolisme Kalian akan melambat waktu malam. Dianjurkan untuk makan makanan sehat sebelum jam 8 malam agar tubuh Kalian sempat untuk memproses makanan yang Kalian makan dan membersihkan racun pada tubuh Kalian sehingga Kalian terhindar dari berat badan berlebih. Usahakan untuk selalu makan secara teratur, ya. 

13. Konsumsi suplemen

Terlepas dari seberapa baik asupan makanan sehat yang Kalian makan, tak ada seorang pun yang mempunyai nutrisi sempurna pada tubuh. Dengan lingkungan yang mengandung banyak zat-zat yang tak baik bagi tubuh kita, atau stres karena pekerjaan dapat mempengaruhi nutrisi di dalam tubuh kita. Berikut adalah suplemen-suplemen yang dianjurkan untuk dikonsumsi:
  • Suplemen multivitamin atau mineral
  • Suplemen probiotik
  • Vitamin B kompleks (untuk membantu mengurangi stres, meningkatkan kerja metabolisme dan membantu meningkatkan sistem imunitas)
  • Suplemen yang mengandung asam lemak esensial omega-3 atau omega-6
  • Minyak ikan (untuk membantu meningkatkan kerja otak, meningkatkan sistem pencernaan, mengurangi stres, dan mengontrol nafsu makan)
Setiap orang mempunyai kebutuhan nutrisi yang berbeda. Konsultasikan dengan ahli gizi untuk mendiskusikan suplemen apa yang tepat untuk Kalian.
Semua tips-tips yang disebutkan di atas adalah hal-hal yang cukup mudah dilakukan, tak peduli seberapa sibuknya Kalian. Ingat selalu bahwa kesehatan Kalian lebih penting daripada kesibukan Kalian.
Perlu diingat bahwa kunci dari hidup sehat adalah dedikasi dan motivasi dari diri sendiri untuk memulai hidup sehat. Jadi, meskipun sibuk, jangan lupa untuk tetap memerhatikan menu diet sehat untuk kesehatan Kalian.

0 Response to "Tips makanan sehat bagi kalian yang selalu sibuk"

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel